Komputer

3 Cara Mengembalikan File yang Hilang karena Instal Ulang Windows

Daftar isi Cara Mengembalikan Data yang Hilang saat Install Ulang KomputerKenapa kita harus Install ulang Windows?Cara Mengembalikan File yang Hilang Karena Install...

Written by Mr. Litle · 2 min read >
Cara Mengembalikan File yang Hilang karena Instal Ulang Windows

Cara Mengembalikan Data yang Hilang saat Install Ulang Komputer

Windows adalah Sistem Operasi paling populer dari semuanya dan banyak digunakan di seluruh dunia. Ini adalah pilihan utama bagi banyak pengguna, dan karenanya sangat penting juga. Pengguna menyimpan semua data mereka di sistem mereka, beberapa di antaranya sangat penting. 

Dalam situasi seperti itu, ketakutan akan kehilangan data adalah nyata. Dalam kasus kehilangan data memulihkan data menjadi sangat diperlukan untuk mendapatkan kembali data berharga Anda. Sesuai permintaan yang disebutkan di atas, setelah menginstal ulang Windows juga, seseorang mungkin kehilangan data.

Setelah menginstal ulang Windows, Anda mungkin menyadari bahwa beberapa file penting tidak lagi tersedia. Di sinilah kebutuhan untuk pemulihan data muncul. 

Kami memiliki beberapa cara yang terbukti untuk memulihkan data setelah menginstal ulang OS Windows. Di blog ini, kami akan menyebutkan semua metode yang dapat digunakan untuk memulihkan semua file yang hilang.

Kenapa kita harus Install ulang Windows?

Apa alasan untuk menginstal ulang Windows? Mari kita lihat:

  • Karena penghapusan atau kerusakan file sistem Windows atau file boot
  • Korupsi di registri Windows
  • Windows crash karena kegagalan perangkat keras
  • Kegagalan sistem Windows karena serangan virus
  • Instalasi Windows karena pengaturan yang rusak atau rusak
  • Karena pemutakhiran atau pembaruan sistem Windows terbaru
  • Instalasi Windows terganggu
  • Munculnya layar biru
  • Penginstalan atau penghapusan instalasi program perangkat lunak apa pun yang menyebabkan masalah startup.

Cara Mengembalikan File yang Hilang Karena Install Ulang Windows

Jika Anda telah memilih partisi yang salah atau telah memformat seluruh hard disk, maka jangan khawatir tentang data Anda. Karena Anda masih bisa mendapatkan data Anda kembali asalkan Anda tidak menyimpan lebih banyak data di hard disk setelah penginstalan ulang Windows.

Data akan hilang hanya dari partisi tempat Windows diinstal ulang. File dan folder tetap tidak terpengaruh di partisi lain PC Anda. Data berada di hard disk komputer Anda bahkan setelah Anda memformatnya. 

Faktanya, file sebenarnya masih berada di sana sampai mereka tidak menulisnya secara berlebihan dengan data baru. Oleh karena itu, Anda memiliki kesempatan untuk memulihkan data setelah penginstalan ulang Windows.

Ikuti 3 metode sederhana yang disebutkan di bawah ini yang akan dengan cepat dan efisien membantu Anda memulihkan data setelah menginstal ulang Windows:

1) Mengembalikan File dengan Windows Backup File History

Riwayat File memulihkan file atau folder dari lokasi pencadangan. Anda dapat memulihkan file Anda dari drive yang terhubung secara eksternal seperti USB atau dari drive jaringan.

Riwayat File hanya dapat mencadangkan file di Foto, Musik, folder Desktop, Video, dan file offline OneDrive di sistem Anda. Tetapi Anda dapat menambahkan file ke folder ini untuk cadangan jika disimpan di tempat lain di PC Anda.
Sekarang, ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk memulihkan data Anda menggunakan Windows File History:

Langkah 1: Buka Pengaturan dan pilih Perbarui & pemulihan

Langkah 2: Pilih opsi Riwayat File dari panel kiri

Langkah 3: Cari opsi Cadangan dan pulihkan dengan Cadangan dari Riwayat File atau Mencari opsi Cadangan Lama .

Langkah 4: Pilih file yang diperlukan dan pulihkan.

2) Mengembalikan data dengan System Recovery

System Restore Point

Titik pemulihan digunakan untuk mengembalikan file komputer ke titik sebelumnya. Itu dibuat secara otomatis oleh PC Anda ketika melihat perubahan. Juga, jangan pernah membuat cadangan file pada drive yang sama yang diinstal dengan Windows. Saat Anda memformat atau menginstal ulang Windows, semua data akan dihapus. Jadi, disarankan untuk menyimpan data di partisi lain di sistem Anda atau menggunakan media penyimpanan eksternal seperti HDD eksternal, DVD, atau CD.

Ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini untuk memulihkan data menggunakan Titik Pemulihan Sistem:

Langkah 1: Buka Control Panel dan pilih Recovery

Langkah 2: Pilih titik pemulihan, klik Berikutnya, dan Selesai

Harap diperhatikan: Perlindungan sistem Anda harus AKTIF . Untuk melakukan ini, pilih Configure System Restore >> Configure >> Turn ON

3) Mengembalikan file dengan Software Recovery Data

Ini dirancang dengan algoritme canggih yang memungkinkan Anda memulihkan setiap bit data Anda yang hilang. Beberapa fitur ekstensif yang disediakannya adalah memulihkan data dari hard drive yang rusak, disk yang dapat dilepas, dan kartu SD, mempratinjau data setelah pemulihan, dll.

Di sini bagaimana Anda dapat memulihkan data dengan bantuan utilitas ini.

1) Download dan instal Windows Data Recovery Free version di komputer anda
2) Saat meluncurkan alat, pilih mode pemindaian khusus untuk memulihkan data dan klik Berikutnya.


1) Sekarang, pilih Disk tertentu dari mana Anda ingin memulihkan data dan klik Berikutnya. Anda juga dapat memilih Hard Disk untuk mengambil data dari seluruh Sistem Windows.
2) Anda dapat melihat proses pemindaian disk pada alat. Setelah selesai, Anda akan dapat melihat seluruh data dari disk tertentu.
3) Pilih data spesifik yang ingin Anda pulihkan dan klik Pulihkan.
4) Pilih lokasi spesifik pada sistem dan klik OK.
5) Pemberitahuan akan muncul di layar yang mengonfirmasi “File disimpan.” Klik OK untuk menyelesaikan proses.

Terakhir

Data dan file Windows mungkin tidak terhapus secara permanen setelah menginstal ulang Windows.

Jadi, file yang hilang masih dapat dipulihkan baik menggunakan metode gratis untuk memulihkan File yang Dihapus dari Windows seperti yang dijelaskan dalam artikel termasuk pemulihan melalui file cadangan Windows di Riwayat File, melalui titik pemulihan sistem yang dibuat sebelumnya dan perangkat lunak pemulihan data Windows otomatis dengan informasi umum dan penjelasan proses lengkap untuk bantuan pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *